Syahrul, S.Pd. (Albert Einstein yang Rendah Hati)


Salah seorang mahasiswa UHO, jurusan pendidikan fisikan (FKIP) berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu yang sangat singkat. Hanya denagn 3 tahun dan 2 bulan ia berhasil menaklukan seluruh mata kuliah yang menurut orang kebanyakan sangat sulit bahkan untuk memikirkannya orang kebanyakan merasa enggan.

Syahrul S.Pd., begitulah  nama dan gelar yang kini disandangnya. Hal itu bukan hanya karena  keseharian yang selalu bergelut dengan literature, melainkan Ia juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas pelajar dan mahasiswa disekitarnya.

Pria kelahiran bulukumba 20 tahun yang lalu inibukanlah orang yang miskin dangan prestasi. Begitu panjang rangkaian prestasi yang pernah ia raih, beberapa diantaranya
      1.       Juara 1 Lomba Bahasa Jerman Tingkat Propinsi  Sulawesi Selatan
       2.       Juara 3 Lomba Bahasa Jerman Tingkat Nasional
      3.       Juara 1 Olimpiade Fisika Tingkat Nasional
      4.       Juara 1 Olimpiade Fisika Tingkat Provinsi Sul-Sel
      5.       Juara 1 Olimpiade Sains SMA Tingkat Nasional
      6.       Juara 1 Olimpiade Sains SMA Tingkat Provinsi Sul-Sel
      7.       Juara pada Beberapa Lomba Karya Tulis Ilmiah diantaranya yang Dilaksanakan di Wakatobi, Jombang, Makassar dan Masih Banyak Prestasi Lainnya.

Karya terbaru dari syahrul yang kini heboh di kalangan akademisi yaitu pemodelan sains berupa animasi ilmiah yang dikembangkan pada perangkat lunak Microsoft Excel. Betapa tidak, perangkat lunak yang umumnya dikenal sebagai aplikasi pengolah angka dan grafik itu mampu ia selap dengan tangan dinginnya menjadi sebuah aplikasi/animasi/media pembelajaran yang ilmiah. Bukan hanya mengagumi hasil karyanya, tetapi bahkan banyak dari kalangan akademisi yang ingin menukarnya dengan harga fantastis mencapai jutaan rupiah. Namun pria berdarah bugis Makassar ini enggan menukar karyanya dengan rupiah.

”sempat karyaku di tawar 6 juta untuk satu aplikasi model sains, tapi saya bilangkan janganmi, lebih baik saya ajarkanki cara buatnya supaya kita sendiri saja yang buat, kalau kita mauji belajar saya siapji ajariki” Tutur Syahrul dengan diolek khas Sulawesi pada salah satu kesempatan di FKIP UHO (Minggu, 30/10).

Untuk mewadahi orang yang bermaksud mempelajari keahlian seorang syahrul, komunitas pelopor literasi (PELITA) mengagendakan sebuah pelatihan pemodelan sains dan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan Microsoft Excel pada minggu ke 2 November 2016 mendatang.

Share on Google Plus

About PELOPOR LITERASI (PELITA)

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: